A Wealth Of Wellness

Minggu, 23 Oktober 2011

Breaking The Limit


Merupakan suatu keyakinan umum selama hampir beratus-ratus tahun
bahwa mustahil seseorang dapat berlari sepanjang
satu mil (1 mil = 1,6 km) dalam waktu kurang dari empat menit.
Bahkan, pada zaman mesir kuno, para ilmuwan ketika itu menggunakan singa untuk mengejar para budak guna mengetahui apakah manusia mampu berlari di bawah empat menit; namun hal tersebut tidak pernah menjadi kenyataan. pelatih tim olimpiade atletik Inggris pada tahun 1903 pernah mengatakan, "Rekor lari satu mil adalah empat menit 12,75 detik. Rekor ini tidak mungkin lagi di pecahkan". Namun, pada tanggal 6 mei 1954, Roger Bannister membuktikan, kepada seluruh dunia bahwa keyakinan tersebut tidak benar.

Roger Bannister adalah sosok manusia yang bukan hanya ingin mengetahui batasan maksimumnya, namun juga ingin melampaui batasan yang telah di yakini oleh kebanyakan orang. Bahkan pada saat itu para dokter membuat analisis bahwa jika seorang pelari berusaha menembus
batas waktu tersebut, paru-parunya akan hancur dan jantungnya tidak mampu berdenyut lebih cepat lagi untuk melampaui waktu tersebut. Roger bannister yakin bahwa dia mampu menembus batasan tersebut. dengan keyakinan yang positif ini, ia mulai mencari berbagai strategi untuk melampaui batas maksimal tersebut. akhirnya sampailah ia pada suatu tehnik dengan menaruh 4 pelari masing-masing pada jarak seperempat mil. Ternyata usahanya tidak sia-sia, Roger mampu menembus batasan manusia dengan berlari dalam waktu 3 menit 59 detik. Banyak yang mengetahui cerita ini, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa dalam 30 hari setelah rekor di pecahkan, 32 orang telah mampu berlari di bawah empat menit dan dalam satu tahun setelah pemecahan rekor, ada sebanyak 317 orang lagi yang mampu berlari dengan waktu di bawah empat menit.
Cerita Roger Bannister ini menunjukan kepada kita betapa dahsyatnya kekuatan keyakinan, dan kedahsyatannya sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Batasan empat menit tidak mampu di pecahkan sebelum Roger bannister, bukan karena keterbatasan manusia secara fisik, tetapi lebih di karenakan keterbatasan manusia terhadap keyakinannya dan kurang percaya diri bahwa rekor tersebut mampu di pecahkan. Lihatlah, apa yang terjadi setelah Bannister mampu memecahkan rekor tersebut? satu persatu orang mampu berlari di bawah empat menit. ini sama halnya jika anda melihat sekumpulan telur ayam, ketika sebutir telur menetas, telur-telur lainnya ikut menetas. if other people can do it, you can do it too!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar